Info Lokasi Destinasi Wisata Pulau Pari di Kepulauan Seribu

Info Lokasi Destinasi Wisata Pulau Pari di Kepulauan Seribu

Pulau Pari adalah salah satu nama kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Kelurahan Pula Pari sebenarnya termasuk 4 pulau kecil lainnya yang berdekatan, yakni Pulau Kongsi, Pulau Tikus, Pulau Burung, dan Pulau Tengah. Jika dilihat lagi, Pulau Pari juga tidak jauh dari Pulau Pramuka, Pulau Lancang, Pulau Rambut, maupun Pulau Tidung yang merupakan kelurahan tersendiri. Pulau Pari adalah pulau berpenduduk, meski jumlahnya tidak sebanyak penduduk di Pulau Pramuka. Penduduk pulau ini berasal dari berbagai suku dan etnis di tanah air, seperti Betawi, Sunda, Jawa, dan Bugis. Dengan latar belakang yang heterogen, penduduk di pulau ini hidup berdampingan dengan damai, karena mereka sudah terbiasa menerima perbedaan. Sebagian besar penduduk beragama Islam. Mata pencaharian utama adalah nelayan dan pembudidaya rumput laut. Meski demikian, berbagai macam profesi lainnya mulai bermunculan sejak berkembangnya industri pariwisata di Kepulauan Seribu. Di antaranya adalah pedagang maupun sektor jasa pariwisata yang menyediakan tiket Paket Pulau Pari.

Destinasi Wisata Yang ada di Pulau Pari

Wisata Pantai

Wisata Pulau Pari didominasi oleh pantai-pantainya yang indah dan alami, terutama Pantai Pasir Perawan, Pantai Kresek, dan Pantai LIPI. Namanya saja unik, bukan?  Paket wisata yang tersedia umumnya sudah termasuk tiket masuk gratis ke tiga pantai ini.

Pantai Pasir Perawan

Pantai ini adalah objek wisata unggulan. Seperti namanya, pantai ini memang masih relatif terjaga keasliannya. Selain itu, ada juga cerita yang beredar tentang asal usul namanya. Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai cukup memadai, seperti saung untuk berlindung dari sinar matahari, toilet, lapangan volley, kedai makanan dan minuman, serta musholla.

Pantai Pasir Kresek

Menurut informasi dari penduduk setempat, nama Pantai Pasir Kresek adalah singkatan dari Pantai Pasir Keren dan Seksi. Nama ini sesuai dengan tampilannya yang eksotis – perpaduan antara pasir putih dengan gradasi kecoklatan. Pohon pinus dan kelapa yang tumbuh di sekitar pantai menjadi pelindung bagi wisatawan dari sengatan sinar matahari. Jika berwisata bersama buah hati anda, tidak ada salahnya mampir di fasilitas penangkaran biota laut yang tidak jauh dari pantai. Anda bisa melihat penangkaran bintang laut, ikan pari, bulu babi, dan penyu milik penduduk lokal. Meski cukup sederhana dan tampak seperti keramba, setidaknya anda dan si kecil bisa mendapatkan pengetahuan tentang siklus hidup biota laut ini.

Pantai LIPI

Seperti namanya, pantai ini dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk keperluan penelitian. Sekali lagi, selain bersenang-senang, anda bisa mendapatkan ilmu pengetahuan baru dengan Paket Wisata Pulau Pari. Pantai ini adalah lokasi penangkaran hewan maupun tumbuhan laut. Lokasi pantai cukup jauh dari permukiman penduduk. Namun, sejumlah fasilitas telah tersedia untuk kenyamanan pengunjung. Bahkan, sarana akomodasi juga tersedia di sini. Selanjutnya, ada sarana lain seperti lapangan futsal, sarana untuk bersantai seperti ayunan, dan sebagainya.

Wisata BAwah Laut

Keindahan alam daratan maupun bawah laut Pulau Pari tentunya tidak diragukan lagi. Buah hati anda pastinya tidak sabar untuk menikmati wahana-wahana watersports yang ada di Travel Pulau Seribu. Sambil menikmati pemandangan bawah laut yang mempesona, si kecil juga dapat mengenali berbagai spesies terumbu karang yang hidup di laut sekitar Pulau Pari. Ikan-ikan kecil dengan warna-warni yang cantik siap menyambut buah hati anda saat snorkeling. Jangan lupa mengabadikan momen ini menggunakan kamera khusus bawah air.  Puas snorkeling di satu titik, anda bisa mencoba titik lainnya. Biasanya, paket wisata Pulau Pari sudah termasuk sewa alat snorkeling di 1 hingga  3 titik, tergantung paket yang anda ambil.

Hutan dan Pohon Mangrouf

Di pulau lainnya di Indonesia, pemerintah giat mempromosikan pelestarian alam melalui penanaman hutan mangrove. Di Pulau Pari, hutan mangrove tumbuh alamiah dan dikelola mandiri oleh penduduk setempat. Hutan mangrove menjadi salah satu objek wisata ilmu pengetahuan yang layak anda kunjungi. Tentunya, anda juga bisa menjadikannya sebagai background foto-foto yang cantik.

Sunsite & Sunrise

Lengkapi pengalaman berwisata anda di Pulau Pari dengan menikmati keindahan alam di Bukit Matahari. Bukit ini tidaklah seperti kebanyakan. Anda tidak akan menemukan bukit hijau dengan pepohonan rindang di sini. Bukit Matahari tidak lebih dari gundukan pasir yang tidak jauh dari Dermaga Pulau Pari. Spot ini paling digemari oleh para ‘pemburu’ sunset dan sunrise.