9 Nama Kampus di Indonesia Yang Berhasil Masuk Daftar Kampus Terbaik Sedunia

STAI Nurul Hidayah QS WUR atau Quacquarelli Symonds berhasil merilis seribu kampus terbaik di dunia di dalam QS WUR dari tahun 2023 hingga 2024. Sembilan kampus di indonesia ini sudah berhasil masuk dalam daftar tersebut. Sebelumnya QS Sempat melakukan selesksi ribuan kampus di dunia dan di sederhanakan menjadi 1.001 kampus yang terbaik. 

9 Deretan Kampus Terbaik di Indonesia 

Dibawah ini adalah daftar 9 deretan nama kampus terbaik di indonesia versi QS WUR : 

Universitas Indonesia 

Di peringkat pertama ada Universitas Indonesia (UI). Kampus dengan almamater kuning ini masih bertahta di puncak daftar kampus terbaik di Indonesia. Secara global, UI diakui oleh QS sebagai kampus terbaik ke-296. Namun, ini merupakan sebuah kemunduran karena tahun lalu UI berada di peringkat 292 dunia.

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan kampus yang mengalami kenaikan peringkat paling pesat. Pada pengumuman QR tahun lalu, UGM menduduki peringkat ke-391 sebagai kampus terbaik di dunia. Saat ini, peringkat kampus yang terletak di Yogyakarta ini naik 71 tingkat ke posisi 320.

Institut Teknologi Bandung

Hanya karena sebuah universitas meningkatkan posisinya di peringkat kampus terbaik dunia, bukan berarti prestasi serupa akan terus berlanjut di Indonesia. Institut Teknologi Bandung (ITB) berada di peringkat 359 tahun lalu dan kini telah naik ke peringkat 331. Namun, kenaikan peringkat ITB belum mampu mengimbangi UGM; ITB harus puas berada di peringkat ketiga kampus terbaik di Indonesia setelah UGM.

Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB) di Jawa Barat adalah kampus terbaik keempat di Indonesia. Kampus yang menjadi tempat presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, meraih gelar doktornya ini menduduki peringkat 601-650 dunia.

Universitas Airlangga

Di Jawa Timur, Universitas Airlangga (Unair) adalah yang terbaik. Unair menduduki peringkat 651-700 dunia, prestasi ini cukup membanggakan mengingat peringkat dunia tahun 2018 adalah 751-800.

Unpad

Universitas Padjadjaran (Unpad) harus berbesar hati karena tidak masuk dalam lima besar universitas terbaik di Indonesia versi QS. Pasalnya, universitas yang terletak di Jawa Barat ini berada di peringkat 751-800 dunia.

Undip, ITS dan Binus 

Tiga universitas berada di peringkat antara 801 dan 1000 di peringkat dunia: Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Bina Nusantara (Binus).